Departemen Sosial dan Masyarakat

Departemen Sosial dan Masyarakat adalah departemen yang bergerak dalam bidang sosial dan pengabdian kepada masyarakat baik dalam isu-isu sosial maupun kebencanaan. Menjunjung tinggi value humility yang ada di ESQBS serta mengimplementasikan nilai-nilai tri dharma perguruan tinggi.

Program Kerja

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 macam. Pertama, kegiatan rutin sedekah  diadakan satu bulan sekali yang kemudian akan dilaporkan secara konsisten dan  menjadi alternatif bantuan kepada mahasiswa/i ESQ Business School yang terdampak  musibah maupun bencana alam yang datang tiba-tiba. Kedua, penggalangan dana  bantuan ketika terjadi bencana alam (tentatif) di seluruh wilayah Indonesia, yang  dengan ini turut bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan ESQ.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Bulan Ramadhan yang sasarannya  adalah masyarakat wilayah tertentu yang akan kami pilih nantinya, dan Anak-anak  Yayasan Indonesia Hijau Kebagusan. Dalam pelaksanaan kegiatan, kami turut bekerja  sama dengan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang aktivitas dari  kegiatan sosial ini adalah membagikan makanan/minuman kepada masyarakat sekitar  dan Buka Bersama (Bukber). Pada hari penutupan kami akan menyelenggarakan Buka  Bersama dengan Anak-anak panti asuhan/Yatim di Masjid ESQ, kami juga akan  bekerja sama dengan DKM Masjid Menara 165.

EBS Mengajar adalah kegiatan belajar mengajar untuk mengedukasi anak – anak  yang memiliki kendala ekonomi, sehingga kurang maksimalnya pendidikan yang  didapatkan, yang dengan ini turut bekerja sama dengan Yayasan Indonesia Hijau.  Kegiatan ini memberikan pembelajaran dari materi – materi yang berhubungan dengan  Training ESQ dan dikemas secara berbeda sehingga mudah melakukan pendekatan  kepada anak – anak yang diajar

Kegiatan ini merupakan kegiatan bertukar pikiran dan wawasan antar  organisasi yang nantinya akan menjadi sarana bagi pengurus dan staf BEM ESQBS  untuk mengembangkan dirinya dalam upaya peningkatan kualitas berorganisasi dan  juga menjadi sarana membangun relasi dengan Lembaga Eksekutif Mahasiswa dari  kampus lain

Program Kerja Ketua Umum

Nama: Alwi Ibnul Kholis
Program Studi: Information System
NIM: 201012000...

Program Kerja Open staffing BEM ESQBS Kabinet Aksatriya akan membutuhkan 13 orang staf dan program ini akan dilaksanakan dalam 3 fase.

  • Fase pertama merupakan pengumpulan dan seleksi berkas calon staf BEM ESQBS.
  • Fase kedua merupakan pengisian psikotes dan tes inteligensi umum yang sudah disiapkan sebagai salah satu pertimbangan yang penting untuk mengetahui tingkat intelegensi dan kepribadian mahasiswa yang mendaftar sebagai calon staf BEM ESQBS.
  • Fase ketiga, para calon staf yang sudah lolos pada dua tahap sebelumnya akan diwawancara berdasarkan berkas-berkas yang telah diajukan oleh para calon.

Program kerja controlling merupakan kegiatan yang berbentuk rapat kecil untuk menyampaikan laporan yang sudah disusun oleh pengurus dan staf BEM Kabinet Aksatriya tentang program kerja yang sedang dipersiapkan ataupun yang sedang dilaksanakan dalam bentuktulisan atau verbal, serta memotivasi pengurus dan staf untuk lebih semangat dalam menjalankan program kerjanya.